ILMU ALAMIAH DASAR

1. PENGERTIAN ILMU ALAMIAH DASAR

      Ilmu alamiah dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala alam ataupun metode-metode secara alamiah yang berada di muka bumi ini. Ilmu alamiah dasar di sebut juga sebagai ilmu pengetahuan alam (IPA). 

2. RUANG LINGKUP ILMU ALAMIAH DASAR

     - Perkembangan pikiran manusia
     - Mitos
     - Metode ilmiah
     - Alam semesta dan tata surya
     - Bumi
     - Asal mula kehidupan di muka bumi

      Perkembangan pikiran manusia didasarkan atas keingintahuan dari manusia nya sendiri yang tinggi. Tuhan menciptakan manusia dengan sempurna yang memiliki akal dan pikiran sehingga manusia dapat terlihat berbeda dari pada makhluk hidup yang lainnya. Karena adanya akal dan pikiran tersebut manusia dapat memperoleh ilmu pengetahuan. Cara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang benar adalah dengan keinginan untuk mau belajar serta mencoba sesuatu yang baru sehingga itu merupakan proses manusia untuk belajar. Adanya akal dan pikiran tersebut membuat manusia mudah untuk memproses ilmu pengetahuan yang diserap dari indera-indera yang dimilikinya.

     Contoh pengamatan sejenis hewan adalah ikan. Hewan tersebut memiliki alat pernafasan berupa insang. Hewan itu hidupnya adalah di air baik itu di air tawar atupun air asin tergantung dari jenis ikannya sendiri. Bentuk fisik dari ikan tersbut bermacam-macam, ada yang panjang, kecil, sedang ataupun lebar. Ikan memiliki sisik yang bening warnanya, kemudian ikan bergerak didalam air menggunakan ekornya. Ikan memiliki 2 buah mata untuk melihat dan ada 1 mulut untuk ikan melakukan proses makan demi kelangsungan hidupnya. Ikan juga terbagi menjadi ikan jantan atau ikan betina. Tak hanya manusia saja yang dapat memiliki seorang anak, akan tetapi ikan pun juga dapat memiliki anak dengan cara bertelur setalah dibuahi oleh ikan jantannya. Ikan memiliki beberapa fungsi salah satunya adalah sebagai lauk pauk untuk manusia makan. Selain itu juga kandungan vitamin yang ada didalam tubuh ikan juga tinggi ikan memiliki protein yang tinggi yang berguna bagi kecerdasan manusia yang mengkonsumsinya.



         

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar